Tentang Internet Marketing

HALAMANSEO - Pemasaran internet (Internet Marketing) adalah proses membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui aktifitas secara online untuk memfasilitasi pertukaran ide-ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan tujuan dari kedua belah pihak.

Apa itu internet marketing


Pengertian Internet Marketing

Banyak orang yang beranggapan bahwa Internet Marketing adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan proses mencari uang di Internet, namun sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya pada post pembuka label [Bisnis Online] ini bahwa sebagian besar program mencari uang yang ada di Internet adalah berbagai kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan dan penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang atau badan tertentu saja.

Modem MLM Online adalah model bisnis online terlarang di internet yang sangat banyak kita temukan apabila kita mencari informasi tentang internet marketing di internet. Ketika anda mencari informasi tentang internet marketing di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dan Yahoo secara langsung, maka kehati-hatian dan kejelain anda sangat diperlukan, agar anda tidak mendapatkan informasi yang salah.

Cara Memulai Internet Marketing

Terus terang saya cukup kebingungan untuk menjawab pertanyaan, “Bagaimana cara atau Step by Step yang baik memulai Internet Marketing?”.

Karena seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa Internet Marketing sama dengan Marketing Offline, yang membedakan hanyalah medianya, Internet Marketing dilakukan secara Online atau via Internet.

Misalnya Anda memiliki Old Toy yang ingin dijual, kalau anda menjualnya secara Offline tentunya akan lama karena harus meawarkan ke teman-teman yang belum tentu akan membeli atau harus dari mulut ke mulut.

Solusinya adalah mulai membut Blog dan masukan gambar Old Toy yang ingin Anda jual. Setelah itu mulai promosi, baik di forum atau mampir ke blog lain, untuk memberikan komentar sambil meninggalkan link blog Anda. kegiatan tersebut adalah contoh sederhana dari internet marketing yang bisa dilakukan siapa saja.

Lingkungan Internet Marketing

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.

Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
  • Mesin pencari (ex: Google)
  • E-Mail atau Surat Elektronik (ex: GMail)
  • Afiliasi (ex: Amazon Affiliate)
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari (SEO), jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.

Manfaat Internet Marketing

Ada banyak sekali manfaat dari memasarkan barang, jasa dan produk lainnya secara online, beberapa diantaranya adalah:

  • Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam,
  • Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  • Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya,
  • Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email,
  • Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.


Langkah - Langkah Internet Marketing

Sebelum memulai internet marketing, anda haruslah memiliki perlengkapan yang memadai, setidaknya smartphone dan akses internet yang lancar beserta produk yang akan anda pasarkan secara online, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa hal berikut pada saat memutuskan melakukan kegiatan internet marketing, yaitunya:
  • Smartphone, Komputer atau Laptop,
  • Koneksi Internet 24 jam,
  • Email (ex: Gmail),
  • Rekening Bank dan Rekening Online  (ex: BRI dan Paypal),
  • Produk,
  • Web atau Blog.
  • Internet Marketing
Dan setidaknya ada 5 langkah yang harus anda lakukan untuk memulai Internet Marketing, yaitunya:
  1. Design Web atau Blog Anda semenarik mungkin, akan tetapi sesuai dengan Niche Produk Jual,
  2. Publikasikan artikel, sesuai dengan Niche Produk Jual,
  3. Bangun List, dengan menggunakan Autoresponder,
  4. Jangan Langsung Jualan, tapi berikan Solusi dan arahkan ke Landing Page atau Page Web atau Blog yang berisi Produk Jual,
  5. Follow Up, dengan memberikan Artikel terbaru yang berisi Solusi dan tetap secara tidak langsung mengarahkan kepada Landing Page atau Page Web atau Blog yang sudah disiapkan.
  6. Perlengkapan yang anda butuhkan dan langkah-langkah memulai internet marketing sangat mudah diperoleh dan diaplikasikan bukan?

Produk yang Bagus Dijual Secara Online

Dalam memilih produk yang ingin Anda jual secara online, dari beberapa hasil survei, setidaknya ada tiga kriteria dalam menentukan produk yang bagus dijual secara online.

1. Harga Produk yang Tidak Terlampau Tinggi

Kebanyakan produk atau jasa yang dibeli secara online sebagian besar adalah barang-barang yang harganya tidak terlampau tinggi. MarkPlus pernah menyebutkan angkanya dibawah Rp 300.000 an.

2. Produk yang Susah Dibeli atau Ditemukan di Offline

Orang kebanyakan akan mencari di Mesin Pencari informasi produk yang akan dibeli dimana sebuah produk yang ‘kurang umum’ atau jarang ditemukan disekitarnya.

Kalau Anda kebetulan memiliki situs yang muncul di Mesin Pencari untuk kata kunci (keyword) nama produk yang dicari, maka kemungkinan seseorang membeli dari Anda adalah sangat besar (tentu ada faktor trust, harga dan faktor lain juga).

3. Produk yang Populer atau Banyak Dicari Secara Online

Bagaimana agar tahu suatu produk banyak dicari secara online atau tidak?Jawabannya adalah melalui Riset Keyword.

Untuk menjelaskannya sangatlah tidak sederhana, karena "Riset Keyword adalah salah satu Kunci Utama yang menentukan kesuksesan anda mendatangkan trafik kesitus anda dari Mesin Pencari".

Anda bisa mencarinya di Mesin Pencari jika ingin mengetahui mengenai Riset Keyword sekarang juga, atau anda bisa membaca tulisan berikut ini sebagai salah satu situs yang saya rekomendasikan. Saya juga akan membahas mengenai Riset Keyword pada tulisan saya mendatang.

Jadi kesimpulannya, jika produk yang (ingin/sudah) Anda jual masuk dalam Top 10 Kategori Produk yang saya bahas diatas dan produk Anda juga lolos 3 kriteria yang baru saja saya jelaskan, saya percaya sangatlah besar kemungkinan bahwa produk yang Anda jual tersebut bisa sukses dijual secara online.

Kesimpulan

Internet marketing pada dasarnya sama saja dengan marketing tradisional secara offline, yang membedakannya hanyalah medianya saja.

Diera modern yang seba digital pada saat ini, internet marketing adalah solusi yang baik apabila anda ingin mengembangkan bisnis anda kepasar yang lebih luas.

Tidak ada rahasia dalam kegiatan Internet Marketing yang anda harus miliki adalah pengalaman berdasarkan proses Trial & Error, dan tentu proses ini tidak bisa secara instan anda lewati.

Untuk mendukung kegiatan Internet Marketing, saya pribadi banyak sekali membeli buku-buku tentang Marketing atau tentang Sales. Kemudian terapkan dalam Internet Marketing.

Jika Anda sudah paham tentang Marketing konvensional dan memiliki skill dalam mengakses internet yang baik, tentu untuk merubah cara Marketing Konvensional menjadi Internet Marketing adalah hal yang mudah.

Akan Tetapi bagi Anda yang belum paham mengenai Marketing, saran saya untuk "segera membaca buku-buku tentang Marketing", sebelum memulai Internet Marketing. dan mengasah skill anda dalam berselancar di internet.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon