Panduan SEO Lengkap Untuk Blogger

Tags

HALAMANSEO - Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu teknik optimasi situs, termasuk blog. Bagi sebagian besar Blogger pemula SEO adalah hal yang asing, Tujuan blog ini adalah untuk berbagi segala hal tentang blogging khusus bagi blogger pemula, termasuk tentang SEO. Oleh karena dasar itulah saya akan mencoba menguraikan secara lengkap materi tentang SEO khusus blog, materi ini saya beri judul "Panduan SEO Lengkap Bagi Blogger Pemula".

DAFTAR ISI :

[0] Panduan SEO Lengkap Bagi para Blogger Pemula
[1] Apa itu SEO?
[2] Mengapa SEO itu Penting?
[3] Konsep Dasar SEO
[4] Bisakah Situs Sukses Tanpa SEO?
[5] Apakah SEO Bisa dilakukan Secara Personal?
[6] Apa yang Harus Saya Pelajari tentang SEO?
[7] Pengenalan On-Page SEO
[8] Pengenalan Off-Page SEO

Panduan SEO Lengkap Bagi para Blogger Pemula


Panduan SEO Lengkap Update 2018
Search Engine Optimization

Pada dasarnya materi ini saya peruntukan khusus untuk para blogger pemula yang benar - benar minim sekali pengetahuannya tentang dunia SEO, namun secara umum materi ini boleh dibaca oleh blogger manapun, baik blogger pemula, blogger yang sudah cukup ahli atau blogger senior sekalipun.

Bahkan apabila anda yang bukan seorang blogger atau adalah seorang calon blogger, anda dipersilahkan untuk membaca materi mengenai Panduan SEO ini.

Sebelum kita mulai masuk kepembahasan utama mengenai SEO, alangkah baiknya apabila kita mengetahui dahulu apa itu SEO.


Apa itu SEO?

Apabila anda melakukan pencarian situs di Mesin PEncari (Search Engine) Google, Yahoo!, Bing, atau mesin pencari lainnya, anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian anda.

Mesin Pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukanlah secara acak, akan tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas dari situs yang memuat konten yang anda cari.

Ada amat banyak algoritma yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kedua faktor tersebut diatas.

Inilah yang menjadi latar belakang lahirnya SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi situs untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan situs-situs berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut. Itulah pengenalan sederhana tentang apa itu SEO.

Mengapa SEO itu Penting?

Sejak adanya mesin pencari besar seperti Google, Bing, Yandex, dan Yahoo hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

Dari data yang pernah dipublikasikan oleh Google, situs yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%.

Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk situs anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari hanya dari mesin pencari.

Lebih lanjut, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar pada bisnis anda.

SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital pada saat ini. Pemasaran inbound, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya yang kecil dibandingkan dengan teknik pemasaran tradisional seperti masa terdahulu.

Konsep Dasar SEO

Mesin Pencari, seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex adalah ibarat sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka.

Pengguna menginginkan supaya situs terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama pada saat mereka mengakses mesin pencari.

Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna pada kolom pencarian.

Jadi inti dari kegiatan SEO adalah untuk menjadikan situs anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan.

Beberapa bagian utama yang perlu anda perhatikan dari situs anda adalah :
  • Kualitas Konten yang Anda Sajikan,
  • Struktur dan Navigasi Situs,
  • Kepuasan Pengguna Situs Anda (User Experience/UX),
  • Popularitas Situs Anda.
Bisakah Situs Sukses Tanpa SEO?
Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, maka jawabannya adalah BISA! anda sebenarnya tidak perlu pusing memikirkan SEO.

Tidak jarang orang / perusahaan  memiliki situs yang populer tanpa mengerti SEO. Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas suatu situs.

SEO saat ini dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha marketing daripada teknikal. Akan Tetapi diluar asumsi apapun anda masih membutuhkan SEO untuk bisa berhasil.

Selain itu dengan mengetahui teknik SEO anda mengerti bagaimana membuat situs yang sukses. yang dicari oleh pelanggan dan pembaca situs anda, tanpa harus promosi dengan dana yang besar, anda bisa benar-benar memiliki situs yang populer hanya dengan memanfaatkan mesin pencari.

Apakah SEO Bisa dilakukan Secara Personal?

Diluar sana ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO, akan tapi sesungguhnya SEO juga bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa orang atau perusahaan penyedia jasa SEO.

Bagi anda yang memiliki bugdet minim, atau baru memulai sebuah start up, maka menggunakan jasa SEO bukanlah rekomendasi, karena jasa SEO pada saat ini masih berharga cukup mahal.

Dengan adanya berbagai panduan SEO yang disediakan secara gratis di internet (termasuk panduan pada blog ini), anda bisa belajar SEO secara otodidak dan mengaplikasikannya sendiri disitus anda.

Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri. Untuk situs yang bersifat informasi yang mana strukturnya sederhana, anda kemungkinan besar tidak perlu menggunakan jasa SEO dan cukup mengandalkan panduan ini saja.

Akan tetapi jikakalau situs anda punya struktur yang rumit misalkan saja seperti toko online atau web-app, ada kemungkinan anda membutuhkan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur situs anda agar ramah dimata mesin pencari.


Apa yang Harus Saya Pelajari tentang SEO?

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa baik situs anda secara SEO di mesin pencari.

Komponen ini juga yang menentukan urutan rangking situs di hasil pencarian mesin pencari Secara singkat, inilah yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO standar.
  • Mengoptimasi Halaman Situs,
  • Riset Kata Kunci (Keyword Research),
  • Menganalisa Kompetisi Kata Kunci,
  • Membuat Konten yang Optimal,
  • Membangun Popularitas, Link, dan Reputasi,
  • Melakukan Audit Terhadap Performa SEO.

Pengenalan On-Page SEO

Panduan SEO Lengkap Bagi Blogger PemulaOn-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya situs anda terhadap mesin pencari dilihat dari sudut pandang dalam situs sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam situs anda sendiri.

Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan atau sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Oleh karena itu, kunci dari On-Page SEO adalah 2 hal berikut ini :
  • Relevan,
  • Kualitas.
  • Tanpa memenuhi kedua kunci utama diatas, akan sangat sulit bagi situs anda bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari. Bahkan halaman pertamapun tidak.

Pengenalan Off-Page SEO

Panduan SEO Lengkap Bagi Blogger Pemula
Off-page SEO adalah usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar situs anda. Mengoptimasi dari dalam website, atau on-page SEO saja seringkali tidak cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Terutama untuk website baru yang belum punya audience tetap, kecuali jika persaingan kata kuncinya memang cukup rendah.

Disinilah Off-Page SEO berperan, off-page SEO berguna untuk mengoptimasi SEO situs anda dengan cara tertentu, tanpa melibatkan situs tersebut secara langsung.

Demikianlah pengenalan tentang SEO, apabila anda benar - benar ingin membangun sebuah situs yang profesional dan populer, maka teknik SEO benar-benar harus segera anda terapkan.

Ingin melakukan SEO secara otodidak? Anda bisa mulai mengikuti tautan yang tersedia dibawah ini :

Klik Tautan ini untuk Mempelajari Semua Tentang SEO

Demikianlah Panduan SEO Lengkap untuk Blogger Pemula, semoga informasi yang saya sajikan ini bermanfaat bagi kita semua dan meningkatkan pemahaman kita tentang SEO. Salam Sukses untuk kita semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon