Mengenal SEO dan Teknik SEO untuk Blogspot

Tags

HALAMANSEO - SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian kegiatan atau proses yang dilakukan secara sistematis dan otomatis agar web atau blog yang anda buat berada pada posisi teratas pada hasil pencarian, Ada beberapa teknik SEO atau cara yang umum yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan posisi terbaik di Mesin Pencari.

Teknik Cara SEO Blog

Mengenal SEO dan Teknik SEO Khusus Pemula

Blogger adalah dikenal oleh netizen, setiap blogger pasti berharap agar blog yang mereka miliki ramai dikunjungi oleh netizen setiap hari, bagi blogger jikajika  mereka ramai dikunjungi netizen itu berarti informasi yang mereka bagikan bermanfaat dan teknik-teknik optimasi blog yang mereka lakukan sukses, ini akan menjadi kepuasan tersendiri bagi kita sebagai blogger.

Salah satu teknik optimasi blog yang paling berpengaruh terhadap jumlah trafik blog adalah SEO, apa itu SEO, tujuannya, dan apa manfaatnya, serta bagaimana teknik atau cara menerapkannya, saya akan mencoba untuk menjelaskannya untuk kita bersama.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian kegiatan atau proses yang dilakukan secara sistematis dan otomatis agar web atau blog yang anda buat berada pada posisi teratas pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dan banyak mesin pencari lainnya yang mana hal ini mampu meningkatkan jumlah dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.


Tujuan SEO

Tujuan spesifik dari kegiatan SEO itu sendiri adalah menempatkan suatu alamat situs web atau blog pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu yang dituliskan oleh netizen berdasarkan informasi yang ingin mereka cari, subjek ini biasa dikenal dengan keyword atau kata kunci. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian tentu memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi oleh netizen.

Tanda yang menentukan kesuksesan dari sebuah situs salah satunya adalah dengan melimpahnya trafik atau banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs tersebut. Situs dapat dikatakan sukses jika mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. trafik yang tinggi adalah tanda bahwa situs tersebut digemari oleh pengunjung setianya ataupun pengunjungbaru yang menemukan situs mereka lewat mesin pencari. Mayoritas pengunjung akan memilih situs yang berada pada posisi teratas pada laman pertama hasil pencarian.


Manfaat SEO

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, dengan SEO kita bisa mendatangkan banyak trafik dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan yang lainnya secara alami ataupun organik. Selain itu SEO juga berdampak untuk jangka panjang untuk situs anda, salah satunya saat anda mendaftar sebagai Publisher media periklanan seperti AdSense google, mereka sangat menyenangi trafik organik yang datang dari mesin pencari, jika penerapan SEO yang anda lakukan benar dan sesuai aturan - aturannya makan trafik organik akan datang sendiri ke situs anda.

Biasanya situs yang punya fokus topik bahasan tertentu saja akan lebih mudah untuk dioptimasi. Hal tesebut karena kata kunci yang pasti dan terfokus serta relevan dengan situsnya mendapatkan posisi strategis untuk diklik dan dilihat oleh netizen. Banyak sekali peluang yang bisa anda dapatkan dengan SEO, misalnya saja seperti yang saya katakan diatas, ana bisa mendapatkan pendapatan sendiri lewat Adsense karena trafik yang tinggi, serta sumber pendapatan lainnya yang mungkin anda dapatkan dengan jumlah trafik yang melimpah. Apabila anda mempunyai situs yang menjalankan bisnis toko online tentunya dengan trafik yang tinggi akan memungkinkan mendapatkan pelanggan baru yang berpotensi membeli barang dagangan yang anda jual di situs anda


Teknik SEO

Teknik SEO mudah
Teknik SEO
Ada beberapa teknik SEO atau cara yang umum yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan posisi terbaik di Mesin Pencari,  beberapa diantaranya adalah:


1. Konten Situs

Kebanyakan situs di internet merupakan situs yang membagikan informasi yang sama persis dengan situs lainnya, hal ini dikarenakan situs tersebut melakukan pencurian konten atau mmengambil dengan sengaja konten dari situs lain,biasanya informasi dan konten dari situs yang lebih unggul dari situs mereka, kemdian menempatkan dan memposting ulang pada situs mereka dengan harapan situs mereka juga akan booming, bahkan beberapa situs berita online sudah biasa melakukan hal yang demikian, namun biasanya untuk situs-situs besar mereka telah menjalin kemitraan dengan konsep kerja tertentu, seperti berbagi informasi, berbeda dengan situs yang hanya bisa mencuri konten tanpa pertanggung jawaban yang jelas..

Sebagai contoh anda ingin mencari informasi mengenai kesehatan, dapat dipastikan ada 100 atau bahkan lebih website dengan judul yang sama dari bentuk penulisan yang sama persis. Sistem Mesin Pencari hanya akan memilih salah satu situs dengan kekayaan informasi, gaya bahasa, dan gaya penulisan yang lebih menarik dan unik. Jadi buatlah situs anda menjadi semenarik mungkin dengan gaya bahasa anda sendiri, situs yang bisa memberi informasi lebih lengkap, menarik dan kaya akn informasi dibandingkan situs yang lain akan sangat disukai dan ditempatkan pada laman pertama hasil pencariaan oleh Sistem Mesin Pencari.


2. Kata Kunci

Bagi anda pemilik situs baru, sebaiknya anda memilih kata kunci terfokus dan memiliki tingkat persaingan sedang dan kecil, jangan langsung mencoba bersaing dengan kata kunci dengan tingkat persaingan yang besar, misalnya  'film' kecuali kalau anda yakin dengan kemampuan anda saat ini anda mampu untuk bersaing dengan situs-situs besar yang sudah lebih dulu populer. Anda bisa melakukan  riset kata kunci yang cocok untuk situs anda melalui beberapa tool seperti Free Wordtracker, Keyword Suggestion Tool,  SEOBook Keyword Tool, dan lain sebagainya, ada banyak situs yang menyediakan tool untuk research kata kunci yang bisa anda pergunakan.


3. Title dan Meta

Usahakan judul atau title blog anda sesuai dengan kata kunci yang anda bidik, pakailah juga meta deskripsi dan beberapa meta lainnya yang bisa membantu dalam  SEO, anda bisa mencari cara memasang meta untuk optimasi situs dengan mengetikan kata kuci 'meta tag untuk blog' di mesin pencari.

4. Membangun Link

Selain konten situs yang unik dan menarik , Membangun Link atau Link Building juga merupakan faktor penting agar situs anda berada diposisi atas pada laman peratam hasil pencarian, Link building adalah kegiatan dimana anda berusaha membuat link situs anda berada pada situs lain, mesin pencari akan lebih sering datang kesitus anda dan menganggap situs anda berkualitas apabila ada banyak lnik situs anda ada disitus lain.

Berikut ada beberapa trik agar situs yang anda miliki bisa ada di situs lain:
  • Submit link atau artikel ke direktori situs,
  • Link exchange atau bertukar link,
  • Menjadi penulis di situs lain, dan tempatkan didalam artikel tersebut link situs anda.
  • Berkomentar disitus lain dengan menggunakan URL,
  • Membuat Template kemudian membagikannya dan menempatkan link ada sebagai credit,
  • Dan lain sebagainya yang berhubungan dengan link situs anda.
Sekarang kita sudah Mengenal apa itu SEO dan Teknik-teknik dasar melakukan SEO, Jadi dapat disimpulkan bahwa SEO ( Search Engine Optimization ) andalah kegiatan yang bisa kita lakukan agar situs kita berada pada laman teratas pada hasil pencarian, bertujuan untuk menarik pengunjung sebanyak mungkin, yang bermanfaat agar trafik situs kita melimpah, dan situs kita lebih dikenal oleh netizen. SEO juga perlu dilakukan bagi anda pemilik situs toko online yang menjual produk, baik itu produk digital mapupun produk nyata.

Tujuan lain dari SEO adalah agar bisa medapatkan penghasilan apabila kita telah menjadi publisher dari situ IM seperti AdSense dan sebagainya. Teknik-teknik SEO yang saya bagikan diatas hanyalah basicnyasaja, anda bisa mencari cara lengkapnya dengan kata kunci sesuai point-point yang telah saya tuliskan diatas, jadi tunggu apalagi, ayo kita terapkan ilmu yang baru saja kita pelajari, agak apapun yang menjadi tujuan autama kita membangun situs segera terwujud.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon